artsdp.com

--- Stylish Life For Stylish People ---

Monday, November 05, 2018

Ini Dia Beberapa Masalah Yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil Muda


Seorang istri mana sih di dunia ini yang tidak senang saat mengetahui bahwa dirinya sedang hamil? Ya, sebagai seorang istri, tentu saja kita akan merasakan sangat bahagia dengan kondisi hamil ini. Nah, berbicara soal kehamilan, berikut di bawah ini ada beberapa masalah yang sering dialami oleh ibu hamil muda :

Ilustrasi
1. Sembelit
Masalah pertama yang sering dialami oleh ibu hamil muda, yakni berupa kondisi sembelit. Mengapa bisa demikian? Ya, biasanya kondisi sembelit ini dikarenakan adanya perubahan hormone, atau juga bisa disebabkan karena program diet anda yang kurang tepat. Jika kondisi sembelit ini tidak segera diatasi, maka akan memicu terjadinya wasir (ambeien) sehingga menimbulkan pembengkakkan pembuluh darah di area dubur. Soal cara mengatasinya, bunda dianjurkan untuk memperbanyak makanan serat, banyak minum air putih, berolahraga secara rutin, hindari suplemen yang mengandung zat berbahaya, dan lain sebagainya.

2. Kram
Selain masalah sembelit, kondisi kram juga merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil muda lho. Biasanya, bunda akan mengalami kram pada bagian kaki di usia trimester kedua kehamilan. Ya, hal ini juga disebabkan karena berat badan bunda yang semakin bertambah, sehingga otot-otot di persendian kaki menjadi tegang. Untuk mengatasinya, bunda dianjurkan untuk melakukan senam kegel alias senam kehamilan.

3. Pembengkakan
Masalah berikutnya yang sering dialami oleh ibu hamil muda, yakni berupa pembengkakan pada bagian tangan, kaki, pergelangan kaki, dan jari. Menurut para dokter kandungan, pembengkakan ini dikarenakan cairan dalam tubuh bunda terlalu banyak. Saat bunda hendak berdiri, maka cairan tersebut akan berkumpul pada bagian-bagian tubuh yang terendah. Disamping itu, bisa jadi bahwa kondisi ini juga dikarenakan bunda menderita preeclampsia yang menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, penglihatan yang mulai buram, sakit di bagian tulang rusuk bawah, hingga muntah-muntah.

Itulah beberapa masalah saat hamil muda yang harus bunda ketahui. Pada intinya, bunda harus selalu menerapkan pola hidup yang sehat selama masa kehamilan.

No comments:

Post a Comment

Follow Us