artsdp.com

--- Stylish Theme For Stylish People ---

Wednesday, May 10, 2017

Kenapa Bisa Terjadi Fenomena Alam Awan Panas

Aliran suspensi dari batu, pasir, kerikir dan abu vulkanik yang keluar bersamaan dengan gas vulkanis dinamakan awan panas. Mengapa disebut awan panas? Dikarenakan pasir, abu dan kerikil bergerak dengan gas vulkanis membentuk gulungan seperti awan yang jatuh.
Awan Panas di Atas Gunung Merapi
Awan Panas di Atas Gunung Merapi. (foto: bagasnutz)
Suhunya sangat panas, mencapai 100 hingga 1000 derajat celcius. Awan panas mengalir dengan ditentukan oleh aliran sungai yang ada di sekitar gunung. Daya luncurnya juga tergantung dari besaran daya dorong gas kepada kepundan. 

Selain itu ditambah oleh tekanan gas, hembusan angin dan kemiringan lereng gunung. Luncurannya bisa kemana saja keluar dari puncak gunung, ilmuwan pun sulit memprediksi aran awan panas meluncur.

Salah satu material yang dikeluarkan gunung api ini memiliki dampak yang sangat serius, karena suhunya yang tinggi dan bisa menghanguskan apa saja yang dilewati. Debu dan abu vulkanik yang dibawa terbang berbahaya jika terhirup oleh sistem pernapasan manusia. Awan panas ini juga mengancam manusia karena dapat berlangsung berhari-hari jika masih ada sisa tekanan gas vulkanis.

No comments:

Post a Comment

Follow Us